Senin, 26 November 2012

Arus dan Tegangan

Walaupun udah lulus masih wonder, yang bener itu ada arus dulu baru muncul tegangan ato sebaliknya? *ups Masih belum paham yang sepaham-pahamnya jadi masih nanya2 ma temen apa fakta dibalik semuanya *ceilah And here's his answer,, *maybe it can help you,too,, ^^
 Ada baterai dulu atau lampu menyala dulu? Baterai itu sumber tegangan. Kalo kedua kutubnya dishort, akan timbul arus. Tapi bisa juga gini. Misalnya lampu. Sebelum saklar on, tidak ada tegangan di lampu, namun ketika saklar on, akan ada arus yang mengalir sehingga timbul tegangan. Jadi tergantung yang mau kamu liat itu tegangan yang mana. Kalo yang kamu liat itu di beban, ya harus ada arus dulu sehingga akan timbul tegangan di beban. Tapi prinsip dasarnya harus ada sumber tegangan dulu yang kalau dishort akan timbul arus. 
*angguk2* Very clear! Hondou ni arigatou gozaimasu, Hangreho! Emang paling sip banget temenku satu ini. Lanjut ke konsep cara kerja generator, jadi generator itu ibaratnya baterai donk ya? Terus yang ditransmisiin itu apa? Arus ato tegangan?
Iya, generator tu kayak baterai. Kalo yang transmisiin itu aku bingung jawabnya. Kalo ada beban di transmisi maka akan timbul arus di transmisi. Kalau gak ada beban ya cuma ada tegangan aja di transmisinya. Intinya generator tuh kayak baterai. Nah transmisi itu kayak perpanjangan dari generator biar bisa di gunakan oleh tempat yang jaraknya jauh
update:
Setelah melewati proses cukup panjang sampe malu2in depan dosen akirnya aku rada ngerti juga c. Yang ngalir di kabel transmisi itu ya arus. Emang c yang ditransmisiin itu daya, gak ada yang namanya transmisi arus. Tapi realnya gtu. Daya itu semacam berapa besar usaha yang dibutuhkan buat ngalirin arus sebesar itu. Nah tegangan itu yang memungkinkan si daya bisa ngalir. Ummmm jadi contoh gampangnya gini, kalo arus itu balok maka tegangan itu perbedaan tinggi antara posisi awal balok ma posisi akhir balok. Nah daya itu seberapa besar usaha yang dibutuhkan untuk mindahin balok itu dari posisi awalnya tersebut. Ada yang mau nambahin atau koreksi?
 

Tidak ada komentar: